LAUNCHING APLIKASI ANTRIAN SIDANG ON LINE PA SERANG DAN PEMBINAAN SELURUH APARATUR PERADILAN AGAMA SE WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA BANTEN OLEH DIREKTUR JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Written by Harvien on . Hits: 171

LAUNCHING APLIKASI ANTRIAN SIDANG ON LINE PA SERANG DAN PEMBINAAN SELURUH APARATUR PERADILAN AGAMA SE WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA BANTEN OLEH DIREKTUR JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA


Hari Kamis tanggal 7 April 2022 WIB Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. dengan didampingi Ibu Direktur Pembinaan Admistrasi Peradilan Agama Dr.Dra. Hj. Nurjanah Syaf, S.H.,M.H. melakukan kunjungan ke PTA Banten. Kunjungan Beliau tersebut merupakan rangkaian agenda lanjutan setelah agenda pertama yaitu kunjungan ke Kantor Bupati Serang dalam rangka penyerahan penghargaan kepada Bupati Serang atas kerjasama dan dukungan yang baik kepada PA Serang berupa Kerjasama dalam penyelenggaraan sidang isbat nikah terpadu.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. tiba di PTA Banten sekitar pukul 11.00 WIB dan disambut oleh unsur Ketua PTA, Hakim Tinggi, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten dan seluruh aparatur PTA Banten. Setibanya di PTA Banten, beliau langsung menuju area PTSP dan melakukan wawancara dengan petugas terkait layanan-layanan yang diberikan pada masing-masing meja PTSP. Setelah dari area PTSP beliau masuk ke setiap ruangan baik ruangan Hakim, ruangan kesekretariatan dan kepaniteraan serta pantry untuk memeriksa terkait kebersihan, kerapihan dan keindahan di setiap ruangan.110420221

Setelah memeriksa kebersihan dan kerapihan masing-masing ruangan, tepat pukul 13.00 bertempat di Aula PTA Banten, Beliau melaunching Aplikasi Antrian Sidang On Line hasil inovasi PA Serang. Sebelum acara launching dimulai, Ketua PA Serang Dra. Hj. Jubaedah, S.H.,M.H. memberikan paparan di hadapan Bapak Dirjen tentang latar belakang masalah dan tujuan dibangunnya aplikasi Antrian Sidang On line tersebut. Bahwa latar belakang dibangunnya aplikasi tersebut berawal dari masalah adanya antrian yang menumpuk masyarakat pencari keadilan dalam hal pendaftaran perkara dan menghadiri sidang. Akibat adanya penumpukan antrian pendaftaran dan sidang tersebut sangat merugikan bagi masyarakat pencari keadilan karena banyak waktu terbuang yang semestinya waktu tersebut dapat digunakan oleh masyarakat pencari keadilan untuk bekerja atau hal-hal yang produktif. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah tersebut PA Serang berinovasi membangun aplikasi dalam rangka mengatasi masalah penumpukan antrian pendaftaran dan antrian sidang berupa Aplikasi Antrian Sidang On Line. Hj. Jubaedah mengatakan bahwa sejak diimplementasikan, terbukti bahwa aplikasi tersebut dapat mengatasi masalah penumpukan antrian sidang dan antrian pendaftaran pada PA serang. Hal tersebut didukung adanya testimoni dari beberapa orang masyarakat pencari keadilan yang dilakukan wawancara terkait manfaat dan keuntungan dari aplikasi Aplikasi Antrian Sidang On Line bagi masyarakat pencari keadilan.

Setelah paparan aplikasi oleh Ketua PA Serang dilanjutkan dengan sambutan Ketua PTA Banten YM. Bapak Dr. Drs. H. Endang Ali Maksum, S.H.,M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain, pertama beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Dirjen Badilag dan Ibu Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama yang berkenan hadir untuk memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran PTA Banten dan Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten. Kedua, memberikan apresiasi atas inovasi yang telah dilakukan PA Serang dalam upaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Beliau berharap agar inovasi yang telah dilakukan oleh PA Serang ini dapat diterapkan oleh Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten dan bahkan ke depan bisa diterapkan secara nasional oleh Ditjen Badilag pungkasnya.

110420223

Selepas sambutan Ketua PTA Banten acara dilanjutkan dengan acara pembinaan oleh Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama. Acara pembinaan ini diikuti oleh seluruh pimpinan dan jajaran PTA Banten dan Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten, sedangkan yang tidak hadir secara langsung mengikuti acara pembinaan dari satuan kerja masing-masing melalui zoom meeting.

Dalam materi pembinaannya Bapak Dirjen Badilag menyampaikan beberapa hal antara lain sebagai berikut :

  1. Beliau bangga dan memberikan apresiasi atas beberapa prestasi yang telah dicapai oleh PA Serang, Pertama, PA Serang telah melakukan inovasi dan terobosan dalam upaya mengatasi permasalahan dalam penyelenggaraan layanan public berupa penumpukan antrian sidang dengan cara membangun aplikasi Antrian Sidang On Line yang sesaat lagi akan dilaunching. Beliau memerintahkan kepada Ketua Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten agar juga mengimplementasikan aplikasi Antrian Sidang On Line ini serta melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala dalam upaya memperbaiki kekurangan serta kelemahannya, hasil monitoring dan evaluasi tersebut disampaikan kepada Dirjen Badilag melalui Direktur Pembinaan Administrasi untuk dilakukan langkah-lamgkah perbaikan dan penyempurnaan terhadap aplikasi tersebut. Kedua, dalam rangka hadir memberikan perlindungan dan pelayanan hukum terhadap hak-hak dasar masyarakat khususnya terkait dengan status perkawinan yang tidak tercatat dan status anak yang tidak punya akta kelahiran, PA Serang telah melaksanakan Kerjasama dengan Pemkab. Serang dalam penyelenggaraan kegiatan Isbat Nikah terpadu sejak tahun 2018 dan sampai dengan sekarang konsisten dilaksanakan. Ketiga, hari ini PA Serang telah menandatangani MoU Jaminan Pemenuhan Hak-Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian dengan Pemkab. Serang dalam rangka hadir memberikan  Jaminan Pemenuhan Hak-Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian. Dirjen Badilag mengatakan dengan adanya Mou ini akan memudahkan dalam pelaksanaan eksekusi putusan pengadilan agama khususnya terkait dengan Hak-Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian. MoU Jaminan Pemenuhan Hak-Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian ini menjadi satu-satunya MoU yang ada di lingkungan peradilan agama, oleh sebab itu Dirjen Badilag berharap agar MoU ini dapat menjadi role model bagi pengadilan agama yang lain untuk dapat juga melakukan MoU yang serupa dengan Pemda setempat pungkasnya.
  2. Selanjutnya Bapak Dirjen Badilag memberikan evaluasi terhadap kinerja Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten. Pertama, terkait kinerja SIPP pengadilan agama se wilayah PTA Banten ditinjau dari peringkat nasional. Untuk katagori ini PA Rangkasbitung dan PA Cilegon menduduki rangking 1 secara nasional. Sedangkan PA Tigaraksa peringkat 8. Beliau minta agar kinerja SIPP yang rangkingnya sudah bagus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan, sedangkan bagi pengadilan agama yang rangkingnya masih di luar 10 besar agar kinerjanya dimonitirng dan dievaluasi oleh Pimpinan Satuan kerja masing-masing secara berkala dalam upaya peningkatan kinerja. Kedua, terkait kinerja mediasi. Untuk kinerja mediasi PA Cilegon menjadi satuan kerja wilayah PTA Banten yang paling berhasil dalam penanganan mediasi walaupun secara persentase juga belum optimal, karena dari 44 perkara yang dimediasi berhasil mediasi damai 36 perkara (81,82%) sedangkan satuan kerja lain masih jauh dari keberhasilan sehingga perlu peningkatan kinerja dan kapasitas para Haklm mediator dalam upaya peningkatan keberhasilan mediasi. Beliau juga menegaskan bahwa kinerja mediasi ini menjadi salah satu program prioritas Badilag, karena keberhasilan mediasi ini menjadi pendukung dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan anak, oleh sebab itu program mediasi harus diperkuat, misalnya dengan cara memasang gambar dan tulisan pada ruang mediasi yang berisi pesan atau nasihat sebagai bahan renungan bagi para Penggugat/Tergugat yang sedang melakukan mediasi sebagaimana yang sudah menjadi kebijakan Dirjen Badilag dalam upaya mendukung keberhasilan proses mediasi. Ketiga, terkait kinerja e-Court. Untuk kinerja e-court perlu ada peningkatan jumlah pengguna lain pada pengadilan agama se wilayah PTA Banten, karena baru mencapai 217 dari 746 perkara. Strategi untuk peningkatan jumlah pengguna lain e- court misalnya dengan sosialisasi secara inten tentang e-court dan e-litigasi kepada masyarakat pencari keadilan. Keempat, terkait evaluasi Pelaksanaan eksekusi. Evaluasi terhadap pelaksanaan eksekusi ini menurut Bapak Dirjen Badilag juga menjadi program prioritas dalam upaya mengukur kepatuhan pelaksanaan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap. Selanjutnya Bapak Dirjen meminta agar putusan-putusan pengadilan agama se wilayah PTA Banten yang sudah berkekuatan hukum tetap dan sudah lama tapi belum dieksekusi agar Ketua pengadilan agama terkait melaporkan permasalahan tersebut ke Dirjen Badilag secara berjenjang.
  3. Bapak Dirjen Badilag juga minta agar pimpinan PTA Banten dan pengadilan agama se wilayah PTA Banten cepat merespon setiap kebijakan Pimpinan Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag khususnya dalam mendukung dan mengimplementasikan program prioritas Ditjen Badilag berupa : 1).Optimalisasi e-court dan gugatan mandiri, 2).Optimalisasi Pembangunan ZI, 3). Peningkatan Kualitas SDM, 4).Optimalisasi Mediasi, 5). Inovasi dan Prestasi, 6). Kepatuhan Pelaksanaan Putusan Pengadilan, 7). Implementasi dan Pengembangan 22 inovasi dan 8). Evaluasi Program.
  4. Kesimpulan dan rekomendasi terhadap penilaian kinerja Pengadilan Agama se wilayah Banten adalah sebagai berikut :
  5. Kinerja SIPP PA Tangerang, PA Serang dan PA Pandeglang perlu ditingkatkan;
  6. 38 perkara yang belum tuntas eksekusinya agar diselesaikan tahun ini;
  7. Apresiasi pada PA Cilegon yang berhasil memediasi 36 dari 44 perkara (81,82%) serta PA Cilegon dan PA Rangkasbitung atas keberhasilan meraih peringkat I nasional kinerja SIPP katagori IV;
  8. Presentase pengguna lain e-court pada pengadilan agama se wilayah PTA Banten perlu ditingkatkan, karena wilayah PTA Banten saat ini pengguna lain e-court baru 217 pengguna dari total jumlah 746 perkara.
    1. Setelah selesaianya acara pembinaan Bapak Dirjen acara diakhiri dengan foto bersama

110420224

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Jl. Raya Pandeglang KM.7, Kel. Tembong

Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang-  42126

Prov. Banten

Telp: 0254-251485
Fax: 0254-251484

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Web ig face you