PENYELENGGARAAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS KEPANITERAAN PADA PENGADILAN TINGGI AGAMA BANTEN TAHUN 2021

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Written by Arie Wibowo on . Hits: 48

WhatsApp Image 2021 09 28 at 11.49.07

Hari Selasa tanggal 28 September 2021 bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Banten Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten Bapak Dr.H.A. Choiri, S.H..,M.H. membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Kepaniteraan Pengadilan Tinggi Agama Banten tahun anggaran 2021, Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan 3 Instansi sebagai mitra kerja (Stakeholder) yaitu Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov.Banten, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Prov.Banten serta Badan Pertanahan Nasional Prov. Banten serta peluncuran (launching) inovasi yaitu Aplikasi e-DARA (Aplikasi Data Perkara).

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Pembinaan Adminisrasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H.,M.H., Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov.Banten, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Prov.Banten, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Prov.Banten, Wakil Ketua, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Banten, Ketua Pengadilan Agama Se Wilayah PTA.Banten, Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Banten;

Yang Mulia Bapak Dr.H.A. Choiri, S.H..,M.H. dalam sambutan pembukaan menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa Kegiatan yang kami selenggarakan ini meliputi 3 kegiatan yaitu Kegiatan Bimbingan Teknis Kepaniteraan, Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Peluncuran (launching) aplikasi e-DARA (Aplikasi Data Perkara).

Masing-masing kegiatan tersebut mempunyai tujuan dan sasaran sebagai berikut, pertama, Kegiatan Bimbingan Teknis Kepaniteraan mempunyai tujuan Meningkatkan kompetensi yustisial tenaga teknis kepaniteraan di seluruh Pengadilan Agama se-Banten, Membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga teknis kepaniteraan di seluruh Pengadilan Agama se-wilayah Banten.

Selanjutnya, kegiatan Penandatangan Nota Kesepahaman (Mou) dengan 3 mitra kerja (stake holder) mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut, pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman (Mou) PTA Banten dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov.Banten dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Prov.Banten adalah dalam rangka memberikan payung hukum dalam pelaksanaan program Pelayanan Terpadu bagi Pengadilan Agama se wilayah Banten dengan kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota serta Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil yang bertujuan untuk memberikan pelayanan identitas hukum kepada masyarakat yang mengajukan permohonan istsbat nikah secara lebih efektif dan efisien serta untuk memberikan perlindungan hak-hak hukum kepada perempuan dan anak, karena dengan terselenggaranya sidang terpadu Pemohon istbat nikah akan memperoleh 3 produk layanan berupa Istbat Nikah, Akta Nikah dan Akta Kelahiran Anak dalam sekali sidang.

MoU PTA. Banten dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Prov. Banten bertujuan untuk percepatan pengurusan penetapan ahli waris sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran tanah pertama kali melalui kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), Pemeliharaan data pendaftaran tanah dan sertifikasi lainnya serta kelancaran pemeriksaan setempat (Descente), Sita dan Eksekusi. Di samping itu dalam rangka percepatan pengurusan penetapan ahli waris sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran tanah pertama kali melalui kegiatan PTSL, pemeliharaan data pendaftaran tanah dan kegiatan sertifikasi lainnya serta mempermudah pelaksanaan sita dan eksekusi.

Terakhir, Beliau menjelaskan tentang tujuan dibangunanya inovasi aplikasi e- DARA (e Data Perkara) adalah, pertama agar proses penanganan perkara lebih cepat dan efisien, kedua untuk pencegahan pemakaian kertas yang berlebihan saat ketika putusan salah ketik dan ketiga untuk pencegahan adanya virus masuk ke PC atau Laptop saat memberikan dokumen atau putusan menggunakan Flashdisk.

Setelah selesai memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Kepaniteraan, dilanjutkan dengan acara Penandatanganan Nota Kesepahamahan (MoU) antara PTA Banten dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov.Banten dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Prov.Banten serta Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Prov. Banten dan diakhiri dengan peluncuran (launching) aplikasi e-DARA (e-Data Perkara) oleh Direktur Pembinaan Adminisrasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H.,M.H.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Jl. Raya Pandeglang KM.7, Kel. Tembong

Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang-  42126

Prov. Banten

Telp: 0254-251485
Fax: 0254-251484

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Web ig face you