Launching Empat Aplikasi Layanan Serta Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Mitra Instansi, PA Serang Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Hukum [12/04/21]

Pengadilan Tinggi Agama Banten

on . Hits: 206

Launching Empat Aplikasi Layanan Serta Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan

Mitra Instansi,  PA Serang Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Hukum


launcing 1

Serang – Perubahan kehidupan masyarakat dengan adanya perkembangan digital, menuntut terjadinya reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik. Birokrasi yang ada saat ini dituntut untuk dapat memudahkan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pengadilan Agama Serang yang memiliki peran strategis dalam pembangunan dan pelayanan hukum masyarakat, melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk nyata reformasi birokrasi berbasis digital untuk meningkatkan layanan hukum yang mudah dan bermanfaat.

Bertempat di ruang sidang utama Sultan Ageng Tirtayasa, senin (12/04/2021) Pengadilan Agama Serang melaunching empat inovasi layanan yang dapat memaksimalkan pelayanan publik. Inovasi tersebut adalah SIMPEL PAS (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Elektronik Pengadilan Agama Serang), aplikasi berbasis android ini mengusung jargon “semua kemudahan dalam satu gengagaman”, aplikasi yang dapat diunduh melalui google playstore ini menampilkan beragam menu layanan serta informasi Pengadilan Agama Serang tanpa harus datang lansung ke kantor PA Serang. MITRA PAS (Monitoring Data Perkara Pengadilan Agama Serang), aplikasi yang menyajikan data perkara yang kemanfaatannya banyak digunakan bagi intansi pemerintah lainnya maupun masyarakat juga sebagai penunjang kontrol kinerja tenaga tekhnis peradilan. POJOK MOVIE EDUKASI, inovasi layanan kepada pencari keadilan yang menghadirkan ruang tunggu yang representatif dengan menampilkan beragam film-film yang edukatif serta sarat akan pesan-pesan moral. Dan terakhir adalah GO-SPPA (Layanan Antar Surat Produk Pengadilan Agama), Inovasi yang bekerja sama dengan PT.POS Indonesia ini memberikan kemudahan layanan pengiriman produk pengadilan tanpa harus datang kembali ke kantor Pengadilan Agama Serang.

launcing 2

Dilaunching secara langsung oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badilag Mahkamah Agung, Dr. Dra. Nurjannah Syaf, S.H.,M.H., serta didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H., dan Ketua PA Serang Elvin Nailana, SH., MH., acara berlangsung meriah.

Dalam sambutannya Dr. Nurjannah menyampaikan apresiasinya, “Berbagai inovasi yang diluncurkan oleh Badilag, semua untuk meningkatkan kualitas pelayanan di pengadilan, memudahkan beracara di pengadilan juga sebagai koordinasi antara Badilag dengan peradilan dibawahnya, Pengadilan Agama Serang sebagai salah satu ujung tombak Mahkamah Agung dengan adanya beragam inovasi diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih prima serta membawa kemajuan secara optimal kepada masyarakat” ungkapnya.

Selain melaunching empat inovasi unggulan tersebut, agenda penting lainnya adalah Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Pengadilan Agama Serang dengan 8 intansi lainnya  yaitu dengan Kepolisian Resort Serang dan Serang Kota, Kepolisian Resort Cilegon, Kemenag Kabupaten Serang, Kemenag Kota Serang, Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, DISDUKCAPIL Kabupaten Serang dan PT. POS Indonesia Serang.

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk membangun komitmen bersama antara Pengadilan Agama Serang dengan instansi lainnya dalam rangka mewujudkan terselenggaranya Pelayanan Publik di wilayah Serang yang semakin baik.

Mewakili Wali Kota Serang, Asisten Daerah 3, Drs. Imam Rana Hardiana, M.Si., dalam sambutannya “ Walikota Serang menyambut baik dan mengapresiasi, sebagai bukti Pengadilan Agama Serang melakukan inovasi digital yang diharapkan dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat, hingga masyarakat mampu menggunakannya”ujar Iman.

“MITRA PAS sebagai sebuah inovasi yang hari ini dilaunching, merupakan aplikasi yang sangat membantu Pemerintah Kabupaten Serang untuk mengetahui beragam data yang terkait dengan masyarakat Kabupaten Serang, adanya inovasi ini juga sebagai bentuk sinergi antara Pengadilan Agama Serang dengan Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebabaik-baiknya dan seutuh-utuhnya” kata Asisten Daerah Satu Kabupaten Serang Nanang Supriatna.

Ketua PA Serang sangat berterima kasih atas kehadiran dan antusiasme seluruh hadirin pada Acara Launching Empat Inovasi Layanan Publik ini. Beliau berharap dengan beragam inovasi yang dihadirkan  serta adanya kerja sama Pengadilan Agama Serang dengan intsnasi lainnya dapat meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan pengadilan yang lebih baik lagi kepada masyarakat terutama di wilayah Serang. (Kie)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Jl. Raya Pandeglang KM.7, Kel. Tembong

Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang-  42126

Prov. Banten

Telp: 0254-251485
Fax: 0254-251484

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Web ig face you