Direktur Pembinaan Administrasi Badilag Mahkamah Agung RI Hadiri Acara Rukyat Hilal Di Pantai Anyer [12/04/21]

Pengadilan Tinggi Agama Banten

on . Hits: 109

DIREKTUR PEMBINAAN ADMINISTRASI BADILAG MAHKAMAH AGUNG RI

HADIRI ACARA RUKYAT HILAL DI PANTAI ANYER


itsbat hilal1

Serang, 12 April 2021- Direktur Pembinaan Administrasi Ditjen.Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI Dr.Dra.Nurjannah,SH.,MH. turut menghadiri acara Rukyatul Hilal Di Pantai Anyer, Cikoneng, Banten, tanggal 12 April 2021.

Sesuai Pasal 52A UU No.3 tahun 2006, yang berwenang mengisbatkan Kesaksian Rukyatul Hilal adalah hakim Pengadilan Agama, oleh sebab itu Pengadilan Agama Serang menunjuk  Drs.Najamuddin, SH.,MH. dan Acep Saifulloh, SH.MH. (Hakim dan Panitera Pengganti) sebagai antisipasi untuk mengisbat kalau-kalau hilal berhasil dirukyat. Namun sesuai laporan tim, di pantai anyer hilal tidak berhasil dilihat karena tertutup awan.

itsbat hilal2

Semua anggota tim yang dipimpin oleh Kementerian Agama Kabupaten Serang itu sangat bersemangat pada rukyat kali ini, hal itu karena sebagai mana disampaikan Kepala BMKG Tangerang, Suryadi dalam sambutannya, hilal awal Ramadhan tahun 1442 H ini cukup tinggi  yakni di Pantai Anyer lebih 3 derjat, yakni imkan al-rukyat (secara keilmuan , mungkin  terlihat), namun secara empirik jarang kelihatan, lebih-lebih untuk pantai yang awannya sering tebal.  Dr. Nurjannah dalam sambutannya mengatakan betapa rukyatul hilal sarat dengan penambahan ilmu dan pengalaman, sehingga berharap agar suatu waktu kelak BMKG berkenan menjadi nara sumbet untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para hakim dalam pelatihan-pelatihan hisab rukyat. (Tim reporter PA.Serang)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Banten

Jl. Raya Pandeglang KM.7, Kel. Tembong

Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang-  42126

Prov. Banten

Telp: 0254-251485
Fax: 0254-251484

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Web ig face you